Era Gen Z Kini Muncul ‘Nextanative’ yang Mengeluarkan EP, ‘Burn it Down’

Setelah mengeluarkan dua buah single nya yang bertajuk “Takkan Pernah” yang telah rilis sejak tahun 2022 dan “Enigma” yang rilis pertengahan 2023 lalu, idol group Nextanative akhirnya merilis EP pertamanya yang berjudul “Burn It Down” di penghujung tahun 2023 silam.

Nextanative adalah idol group asal Jakarta, yang berdiri sejak tahun 2019 dan tumbuh kembang bersama dengan komunitas Jepang yang ada di Indonesia. Nextanative hadir menawarkan warna yang berbeda dalam kemasan idol group.

Nextanative hadir dengan genre Rock, Metal, Post Hardcore dan PopPunk. Mereka menggunakan warna Hitam dan Kuning sebagai warna dasar Nextanative, karena perpaduan kedua warna tersebut dapat di lambangkan sebagai Police Lane, yang dimana garis polisi di gunakan sebagai batasan. Begitu pula dengan Nextanative, mereka hadir di tengah tengah antara idol group pada umumnya, namun di balut dengan genre yang tidak seperti idol biasanya.

‘Burn it Down’ merupakan judul Extended Play pertama Nextanative. Dalam EP ini, mereka memberikan gambaran atau pandangan yang terjadi di masa remaja Gen-Z mulai dari lagu pertama mereka yang telah rilis pada tahun 2022 yang berjudul ‘Takkan Pernah”, lagu tersebut menceritakan betapa denial nya Gen-Z yang tidak akan pernah mau mengikuti apa omongan orang dan tetep akan menjalani hidup nya dengan caranya sendiri.

Selain lagu “Takkan Pernah” di lagu berikutnya ada “ENIGMA” yang menceritakan tentang lika-liku nya kehidupan, tetaki kehidupan, ada banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang kita sendiri pun tidak tau seperti apa jawaban nya.

Lagu berikutnya yaitu adalah “Sudah Saatnya” dan di lagu ini kami memberikan gambaran di balik semua denial-nya Gen-Z, banyak nya teka-teki kehidupan yang sudah di alami, maka akan ada saatnya cahaya terang yang akan menghampiri kita.

Selain ke-3 lagu yang telah di sebutkan di atas, ada bonus track di lagu ke-4 yaitu adalah ‘Burn it Down’. Pada lagu ini, Nextanative melakukan featuring dengan Ramandhika yang merupakan seorang drummer dari band “VVACHRI”.

Lagu ‘Burn it Down’ ini mengangkat suatu cerita atau suatu kasus yang kerap sekali menjadi masalah di negeri ini, yaitu adalah pelecehan seksual, dimana setiap ada kasus pelecehan seksual, pasti pihak wanita yang selalu di salahkan, dan di lagu ini Nextanation memberikan gambaran kalau mereka tidak akan diam pada setiap kasus pelecehan seksual dan mereka juga mengharapkan bagi wanita di luar sana yang menjadi korban pelecehan seksual dapat bangkit dan bisa melawan pelaku pelecehan seksual.

Selain menjadi bonus track, lagu ‘Burn it Down’ ini juga dipilih sebagai judul EP mereka kali ini karena lagu ini merupakan lagu yang tidak termasuk ke dalam trilogy lagu mereka yang lain nya di dalam EP ini.

Untuk EP Prologue: Burn it Down ini, mulai dari arrangement dan aransemen ada Joanelune / Sendeljer / Johan Mauritz yang pernah menggarap album Tuan13, ditemani dengan co producer nya ada Naufal Ikhsan. Dan untuk lirik lagu, ditulis oleh Joanelune dan juga personil Nextanative itu sendiri, contohnya, di lagu “Takkan Pernah” ditulis oleh Joanelune dan Siska Eka Septiani. Sedangkan untuk lagu Burn it Down, ditulis oleh Joanelune, Shinta Berliana, Furi Andinni dan juga Ramandhika.

Seluruh lagu Nextanative sudah bisa kalian dengarkan secara gratis di youtube dan berbagai macam platform musik lainnya!

Related news