Grup band WALI resmi mengumumkan rangkaian konser internasional bertajuk “WALI ASIA TOUR 2025” dalam sebuah press conference yang digelar sore ini, Kamis (15/5/25) di Agora Mall (Thamrin Nine), Jakarta.
Acara yang berlangsung di area outdoor, tepat di depan coffee shop bawah tangga, ini dihadiri oleh para personel WALI serta sejumlah tokoh penting di industri musik dan ekonomi kreatif Indonesia.
Press conference ini turut dihadiri oleh Faank (vokal), Apoy (gitar), Ovie (keyboard), dan Tomi (drum), yang masing-masing menyampaikan antusiasme mereka dalam menyambut tur internasional pertama mereka yang akan menjangkau berbagai negara di Asia.
Turut hadir dalam acara Arief Darussalam, Direktur Utama WOW selaku promotor konser, serta Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Indonesia, Ibu Irene Umar, yang memberikan dukungan penuh terhadap langkah besar WALI dalam mengharumkan musik Indonesia di kancah internasional.
Kemenekraf juga mendorong antarsubsektor ekonomi kreatif untuk saling berkolaborasi, sehingga menciptakan lapangan kerja yang berkualitas bagi generasi muda.
“WALI ASIA TOUR 2025 adalah momen bersejarah bagi kami. Ini bukan hanya tentang konser, tetapi tentang membawa semangat dan karya anak bangsa ke luar negeri,” ucap Faank.
Pihak promotor, WOW (We Offer Wonders), berharap industri musik Tanah Air agar semakin bersinar di mata dunia.
Konser Wali Tour Asia yang akan digelar di empat negara yaitu, Jepang, Taiwan, Hongkong, dan Arab Saudi memiliki konsep yang ingin menampilkan budaya Indonesia dari sisi yang tidak biasa.
Deputi Bidang Kreativitas Media, Agustini Rahayu, mengatakan bahwa konser yang digelar di luar Indonesia memiliki potensi untuk menggerakkan ekspor produk Indonesia dan mendorongnya untuk mencapai target nilai ekspor 26,44 miliar dollar AS hingga 2029.
Sementara WOW Indonesia selaku promotor saat ini sudah menggelar beberapa konser besar dengan sejumlah artis Indonesia, di antaranya konser Isyana Sarasvati serta konser Tribute to Chrisye.
Bersama grup band Wali, WOW Indonesia mendapat tantangan baru untuk bisa menggelar konser 25 tahun Wali di empat negara Asia dengan konsep ‘Hajatan’. Konsep ini diusung mengingat grup band Wali sangat melekat dengan budaya Indonesia bukan hanya dari judul-judul lagunya, tetapi juga video klip-video klip yang dinilai sangat mengedepankan budaya masyarakat Indonesia.