MIASMA Rilis EP format Digital “A Glance of Miasma”

MIASMA Rilis EP format Digital “A Glance of Miasma”

Miasma, malapetaka dari Yogyakarta yang terbentuk sejak awal tahun 2021. Beranggotakan dua orang, menerjang cahaya di depan dengan penuh keberanian.

Setelah melepaskan single demo di 2022 silam, mereka kembali di tahun ini dengan rilisan terbaru mereka.

A Glance of Miasma adalah debut EP mereka yang dirilis pada pengakhiran tahun 2023. Berisikan 4 track plus 1 intro, Miasma mencoba memberikan pemaknaan mereka sendiri terkait metal malapetaka.

Mengusung sound yang gelap dipadu dengan vokal yang melolong, Miasma menciptakan landskap malapetakanya sendiri. Landskap yang diciptakan dengan resep arahan juru kunci metal malapetaka terdahulu dengan improvisasi ala mereka sendiri.

EP ini sangat tidak terpakem pada metal malapetaka pada umumnya, berbeda dengan demo single mereka sebelumnya. Mereka mencoba lebih mengeksplor malapetaka dalam EP ini.

Dalam pembuatannya, EP ini direkam, ditempa, serta dimixing dan mastering di Watchtower Studio (@watchtower.yk).

Direkam pada awal Mei 2022, dengan total 3 shift dibawah arahan pemilik studio, Bable Sagala. Proses rekaman yang cukup padat, berpacu dengan waktu untuk merekam EP ini, mengingat jumlah shift yang terbatas. EP ini direkam secara live tanpa penggunaan metronome. Diawali dari merekam drum, bass, gitar dan yang terakhir, vokal.

Beberapa improvisasi terjadi selama proses rekaman dan proses rekaman akhirnya terselesaikan dengan total 3 hari.

Karya seni cover EP ini dilukis dengan cat minyak diatas kanvas oleh sang maestro Razal M. (@razalmhmd_). Dikerjakan total hampir 4 bulan, dikarenakan kesibukan sang pelukis.

Proses kreatif melibatkan kedua belah pihak dimana sketsa awal yang cukup kasar dibuat oleh Death dengan pensil diatas kertas A5 yang akhirnya diwujudkan diatas kanvas oleh Razal. Beberapa revisi terjadi, sewajarnya penggarapan sebuah karya. Hingga pada akhirnya lukisan ini terselesaikan dengan apik dan dipotret.

Pada 15 Desember 2023, EP ini dilepas dan dimanifestasikan dalam format kaset pita oleh Hawar Press (@hawarpress) dengan jumlah yang terbatas. Dan kini sudah bisa didengar melalui Bandcamp sejak 4 Januari 2024.

Musik