“Zaman Kegelapan” adalah Fakta baru Cryptical Death

“Zaman Kegelapan” adalah Fakta baru Cryptical Death

Cryptical Death, unit hardcore punk asal Jakarta ini kembali merilis single baru, “Zaman Kegelapan” setelah sebelumnya mengeluarkan “Pandemik Semesta” pada Desember 2023 lalu.

Single ini terinspirasi oleh Zaman Edan karya Ronggowarsito dan pernyataan ahli nuklir Robert Oppenheimer “Now I become Death, the Destroyers of Worlds”.

“Zaman Kegelapan” merupakan lagu kedua Cryptical Death yang dirilis di bawah bendera Disaster Records. Kolaborasi baru pada single ini adalah featuring vokal oleh Yuliarni “Lia” Purnama, vokalis dari band Moral yang mengusung music Hardcore.

Lirik “Zaman Kegelapan” ditulis pada masa pandemi tahun 2021 bersama dengan lagu “Pandemik Semesta.

Dari segi musikalitas, single ini dibuat pada tahun 2023, dalam waktu kurang lebih satu bulan Farid (gitar) dan Epik (Drum) menghabiskan waktu menggarap lagu ini. Ronggowarsito dan Oppenheimer menjadi referensi bagi mood dalam pembuatan lagu.

Kolaborasi dengan Lia memberikan warna keputus-asa-an dengan teriakan hardcore khas vokalis perempuan. Kombinasi Petikan gitar Farid dan Toan dengan kombinasi vokal Karib dan Lia memberikan nuansa kegelapan yang pilu menyambut zaman baru.

“Zaman Kegelapan” adalah bagian kedua dari trilogi lagu bertemakan kehancuran bumi yang menjadi tema utama dari album ketiga Cryptical Death yang rencananya akan dirilis pada tahun 2024 ini.

“Zaman Kegelapan” sudah bisa didengar di berbagai layanan streaming digital kesayangan kalian mulai dari 1 Januari 2024 kemarin.

Musik