W:O:A METAL BATTLE tahun 2022 Akan dibuka

W:O:A METAL BATTLE tahun 2022 Akan dibuka

W:O:A Metal Battle adalah ajang kompetisi band bertaraf internasional, sebuah sub-program yang digagas oleh pihak Wacken Open Air Festival, Jerman dan dimulai sejak tahun 2004. W:O:A Metal Battle bertujuan untuk mengajak dan memberikan kesempatan kepada band-band metal dari seluruh dunia untuk bisa tampil dan mendapat sorotan di Wacken Open Air Festival sebagai salah satu festival musik heavy metal terbesar di dunia. Di tiap pelaksanaan, W:O:A Metal Battle Jerman mempertemukan sekitar 30 band untuk bertarung dan memperebutkan posisi lima besar.

Keterlibatan Indonesia di ajang W:O:A Metal Battle dimulai di tahun 2017, yang secara resmi mengantungi lisensi untuk menggarap kompetisi tersebut dengan kerja sama antara DjarumCoklatDotCom (DCDC), ATAP Promotions dan The Metal Rebel (Swedia). Sebanyak 238 band yang tersebar dari seluruh Indonesia melibatkan diri dalam kompetisi W:O:A Metal Battle Indonesia 2017, hingga terpilih Beside (Bandung) sebagai perwakilan yang berangkat ke Jerman.

Pertarungan ini dilanjutkan ke tahun-tahun berikutnya. Pada 2018, sebanyak 322 band bertempur di kompetisi ini hingga terpilih Down for Life (Solo) sebagai perwakilan, lalu di tahun 2019 giliran Taring (Bandung) yang terpilih setelah merebutkan posisi bersama total 206 band dari berbagai kota.

W:O:A Metal Battle Indonesia juga sempat berjalan di tahun 2020. Namun, kompetisi ini harus terhenti akibat pandemi Covid-19 yang membuat Wacken Open Air, Jerman tidak bisa dilaksanakan. Pandemi ini memaksa Wacken Open Air beserta W:O:A Metal Battle yang ada di dalamnya untuk hiatus selama dua tahun.

Akhirnya, di tahun 2022, Wacken Open Air memberi kabar baik bahwa festival tersebut akan kembali diselenggarakan, begitu pula dengan W:O:A Metal Battle. Indonesia kembali dipercaya untuk mengirimkan kandidatnya dan bertempur di sana di bulan Agustus mendatang.

Berbekal pengalaman, observasi dan evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya, W:O:A Metal Battle Indonesia 2022 kini memiliki formula baru dengan objektif yang kian jelas. Merebut tropi pemenang di Jerman adalah target utama. Strategi yang coba dijalankan adalah dengan menampilkan penampilan band yang memiliki charisma dan karakter kuat serta bisa membawa unsur ke-Indonesiaan dalam penampilannya.

W:O:A Metal Battle Indonesia 2022 mencari band yang memiliki potensi untuk bisa memberi definisi tentang apa itu “metal Indonesia”, musik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia yang sekaligus menjadi pembeda dari band-band kompetitor dari negara lainnya dan menjadi unsur istimewa.

 

Musik