Lagu Baru, Danudjaditya Potret Geram Para Ibu yang Kehilangan

Lagu Baru, Danudjaditya Potret Geram Para Ibu yang Kehilangan

Danudjaditya, komplotan Dynamite Duo Rock asal Yogyakarta merilis single baru yang berjudul Masygul pada 22 Desember 2023, bertepatan dengan perayaan Hari Ibu di Indonesia. Dan dalam single ini, Danudjaditya tidak sekedar membabar kemarahan lewat kebisingan pukulan drum yang meledak-ledak, tapi lebih menekankan cerita lewat lirik dan aransemen dibandingkan lagu-lagu dalam album debut “Distopia” yang dirilis di tahun 2022 lalu.

Didit (gitar/vokal), Refo (Drum), bersama Harris Syahpuja Putra (art director) mengajak Talitha Neysa, vokalis band Layang untuk berkolaborasi mengantar kisah-kisah itu dalam Masygul. Warna sekaligus range vokal Neysa membangun sensasi yang tidak pernah ada dalam karya-karya Danudjaditya sebelumnya. Penyesuaian antara ekspresi nada dengan frasa dalam lirik jauh lebih rapi. Tangan dingin Bable Sagala yang diseret menjadi pengarah vokal membuat Didit membabar kemarahan laiknya seseorang yang tengah merudung nasib, tidak kurang dan tidak lebih.V

okal Neysa pun turut membawa proyeksi ganjil yang makin akrab saat bertemu keparauan Didit, tentang sejumlah luka yang mengendap di dada para ibu yang kehilangan terlebih ketika sampai pada bagian anakku dilempar, dipukul, ditendang, ditembak, dibunuh, diasapi. Dihempas ke aspal, dirobek jantungnya oleh pasukan yang dipersenjatai.Masygul direkam di dua studio. Gitar dan drum di studio pribadi milik Didit, sedangkan vokal direkam di Watchtower Records dengan juru rekam sekaligus diarahkan Bable Sagala.

Proses mixing mastering digarap sendiri oleh Didit, lalu dirilis melalui label independen yang berdomisili di Yogyakarta, yakni SönLéTarian.Masygul diperdengarkan untuk pertama kalinya di “Dengerin Bareng-Bareng (Debarbar) MOL Coffee”, ruang dengar sekaligus diskusi para musisi karya Indonesia yang digarap pegiat musik di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Tanggapan pendengar beragam. Iradat Ungkai, sineas, story teller, sekaligus content writer melihat lirik Masygul cukup bercerita lalu dengan sendirinya menyingkap banyak hal menakutkan. “Dari segi musikal sampai lirik berubah banget dari lagu-lagu di album sebelumnya. Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan atau identitas musik yang dipancang lewat album tetapi Danudjaditya bisa melakukannya,” sambung Inamulhasan, gitaris Minor Kit.

Lagu ini dirilis bertepatan dengan Hari Ibu Indonesia pada tanggal 22 Desember 2023. Momen bahagia yang tidak pernah lagi ditemukan dalam diri para ibu yang dipaksa menelan realita paling pahit saat menemui jasad anaknya dilubangi peluru.

Bagi Danudjaditya, ‘Masygul’ bukan sekadar pembuktian musikal dan determenasi untuk menjelajah berbagai kemungkinan, namun juga sebagai pengingat bahwa sesungguhnya ada kenyataan pelik yang dialami oleh beberapa orang tua khususnya ibu yang kehilangan anak kesayangan mereka yang disebabkan berbagai macam tragedi.

Musik