Jakarnaval Sambut HUT DKI Jakarta

Jakarnaval Sambut HUT DKI Jakarta

 

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta, selalu memiliki cara untuk menghibur warganya. Kali ini, mereka menyelenggarakan acara Jakarnaval dengan tema “Gempita Jakarta” yang berlangsung Minggu 7 Juni 2015.

Acara yang rutin diadakan setiap tahunnya ini, rencananya akan dilaksanakan bertepatan dengan HUT ke-488 DKI Jakarta, yang jatuh pada tanggal 22 Juni. Namun, mengingat pada tanggal tersebut sudah memasuki bulan Ramadhan, maka pelaksanaan Jakarnaval dimajukan menjadi tanggal 7 Juni. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Purba Hutapea, acara Jakarnaval memang dilaksanakan dalam rangka untuk memeriahkan HUT DKI yang ke-488.

Acara tersebut, dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sekretaris Daerah, serta Ketua Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Purba Hutapea.

Menjelang pukul 15.30 WIB, acara Jakarnaval resmi dibuka oleh Gubernur Jakarta. Sementara itu, antusiasime dari pengunjung yang hadir tampak meluap ketika menyaksikan penampilan dan atraksi dari beragam komunitas seni budaya dan hobi. Dalam acara tersebut, lebih dari 30 komunitas hadir untuk menghibur pengunjung. Mulai dari komunitas cosplay, tari, marching band, penggemar jeep Indonesia, ikatan abang-none Jakarta, penggemar mobil kuno Indonesia, dan banyak lainnya.

Setelah penampilan dari komunitas seni budaya dan tari, acara dilanjutkan dengan pawai kendaraan hias. Sesi ini juga tidak kalah meriahnya, sebab lebih dari 20 mobil yang dihias dengan berbagai ornamen dipamerkan kepada pengunjung.

Parade Jakarnaval ini mengambil rute dari Plaza Monas sisi Timur – Monas Timur Laut – Jl. Medan Merdeka Utara dan berakhir di Silang Monas Jl. Medan Merdeka Barat. Sejumlah penyanyi pun turut memeriahkan acara ini. Di antara mereka adalah Band Wali, D’massive, Budi ‘do re mi’, Zaskia Gotik, dan artis lainnya.

Menurut Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, tema “Gegap Gempita” pada Jakarnaval tahun ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kreatifitas dan eksistensi terhadap berbagai komunitas yang sudah ada di ibu kota Jakarta. Selain itu, acara rutin ini juga diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan di Jakarta.

 

Musik