Band Metal di Indonesia Terbanyak di Asia Tenggara dan Skala Dunia

Indonesia kembali membuat gebrakan di dunia musik. Data terbaru yang dirilis oleh Se Asia Stats pada 10 Desember 2023 mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki populasi band metal terbanyak di antara negara-negara Asia Tenggara. Kabar ini tentu membahagiakan para pecinta musik metal di tanah air.

Dari 11 negara yang terdata, band metal Indonesia memimpin dengan jumlah mencapai 2.367. Sementara itu, Malaysia berada di posisi kedua dengan total 724 band, dan Filipina menempati posisi ketiga dengan 383 band metal.

Jika kita menggabungkan jumlah band metal dari sepuluh negara lainnya, Indonesia masih unggul dengan selisih 581 band. Total band metal dari kesepuluh negara tersebut hanya mencapai 1.786.

Menariknya, studi yang dilakukan oleh Gianluca Cellini pada tahun 2017 menjelaskan bahwa minat tinggi terhadap musik metal di Indonesia dapat dijelaskan oleh kondisi sosial dan budaya di negara ini. Kota kecil seperti Yogyakarta, misalnya, mampu menggelar pertunjukan musik metal setiap minggunya.

Musik metal di Indonesia tidak hanya mendapat tempat di hati para pecinta musik, tetapi juga menyatu dengan baik dengan isu-isu terkini dan budaya lokal.

Berdasarkan data yang dirilis akun Instagram Seasia Stats pada 10 Desember 2023, Indonesia menjadi penyumbang band metal terbanyak di Asia Tenggara.

Berdasarkan studi yang dilakukan Gianluca Cellini dan dipublikasikan pada tahun 2017, disebutkan bahwa besarnya minat masyarakat Indonesia pada musik metal dikarenakan situasi di Indonesia memang cocok untuk musik keras tersebut.

Salah satunya gelaran musik metal di Yogyakarta yang rutin diadakan setidaknya sekali dalam seminggu. Selain itu gelaran Rock in Solo di Kota Solo yang rutin digelar setiap akhir tahun dan terus menghadirkan deretan band-band rock metal, baik lokal, nasional hingga internasional.

Selain itu, musik metal di Indonesia juga menyatu dengan sangat baik dengan berbagai isu terkini dan bdaya lokal yang sudah lebih dulu ada.

Contohnya adalah Voice of Baceprot (VOB), sebuah band asal Garut, Jawa Barat, yang terdiri dari tiga wanita berhijab. VOB berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia musik internasional.

Sebelum VOB, sejumlah band metal veteran Indonesia seperti DeadSquad, Burgerkill, Viscral, Jeruji, Turtle Jr, dan Taring juga telah mencatat prestasi yang mengesankan. Keberhasilan mereka menciptakan karya yang dapat bersaing ditingkat global membuktikan kualitas musik metal Indonesia.

Tidak hanya memiliki banyak band metal, Indonesia juga menjadi tuan rumah beberapa festival musik metal terbesar di Asia Tenggara. Hammersonic Festival, Rock In Solo, dan Jogjarockarta menjadi tempat berkumpulnya ribuan penggemar musik metal dari berbagai penjuru dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *