RapRock United Terbentuk dari Kegalauan Skena

RapRock United Terbentuk dari Kegalauan Skena

Di akhir tahun 90-an sampai 2000 awal, ranah musik Indonesia diramaikan oleh grup-grup musik seperti Saint Loco, Kripikpeudeus. 7 Kurcaci dan grup serupa lainnya. Saat itulah spesial yang disebut rap rock mencuri perhatian.

Ke mana perginya para penggiat rap rock atau dikenal juga dengan nu metal saat ini? Sudah jarang muncul di televisi tapi inilah mereka saat ini, bersatu di bawah bendera RapRock United.

“Intinya, kita berangkat dari kegalauan yang terjadi (akan industri musik saat ini). Awalnya sama Yuda ‘Master Wu’, kayaknya kalau band-band rap rock ini digabung seru. Akhirnya ketemuan sama Munkee ‘7 Kurcaci’, bicara panjang lebar,” ungkap salah satu pendiri RapRock United Beery ‘Saint Loco’ kepada tim dL.

Dan berkesempatan melakukan wawancara dengan para perwakilan dari masing-masing grup yang sudah tidak asing lagi. Di antaranya, ‘Munkee ‘7 Kurcaci’, Rana ‘Ragajimesin’. Pelaku musik hip-hop lain juga turut serta di dalamnya seperti Fikar ‘Los Galados’ dan Young Lexx.

“Wadah ini kan melibatkan teman-teman yang lain, karena di sinilah band-band rap rock yang masih aktif. Boleh dibilang seperti itu. Sampai akhitnya sekarang tiap daerah pun merespons dan mempunyai wakil satu band rap rock,” tambah Munkee.

Jika dirunut sejak awalnya dulu, RapRock United sudah dibicarakan sejak tahun 2008 silam. Barulah dua tahun kemudian pembicaraan semakin serius dan akhirnya pada tanggal 10 September 2011 RapRock United resmi didirikan, sekaligus menjadi acara pertamanya.

“Dulu kan, industri yang menciptakannya. Sekarang ya kita buktikan bahwa rap rock ini bukan musik trend. Kita selalu hadir untuk jadi pilihan bagi mereka yang mendengarkan musik,” tegas Munkee lagi.

 

Musik