Pemimpin Harus Pandai Mengelola Perubahan

Pemimpin Harus Pandai Mengelola Perubahan

Manajemen perubahan adalah salah satu skill yang wajib dimiliki oleh para pemimpin. Apalagi pada awal tahun 2024 ini, banyak kemungkinan disrupsi yang mungkin terjadi.

Organisasi apa pun perlu untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut dengan adaptif dan hal ini tentu dapat dipelajari. Lalu, bagaimana caranya agar seorang leader dapat memimpin dengan adaptif dan percaya diri dalam menghadapi berbagai hambatan?

Ada lima rekomendasi buku leadership yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan manajemen perubahan di organisasi:

1. Managing Transitions: Making the Most of Change

Buku leadership yang satu ini ditulis oleh William dan Susan Bridges. Buku ini dapat mengajari Anda bagaimana cara terbaik untuk mempersiapkan perubahan dalam organisasi.

Penulis akan mengajak Anda untuk melibatkan seluruh karyawan Anda agar terlibat dalam seluruh proses perubahan yang ada. Berikan karyawan Anda tujuan dan visi yang jelas, rencanakan, serta jadikan mereka bagian dari perubahan tersebut.

2. Leadershift: The 11 Essential Changes Every Leader Must Embrace

Buku yang satu ini mengajarkan Anda bahwa kepemimpinan adalah menghargai berbagai perbedaan pola pikir dan perilaku. Buku leadership karangan John Maxwell ini membagikan pengalaman pribadinya mengenai 11 perubahan yang pemimpin butuhkan untuk menghadapi disrupsi.

Bahkan, buku ini tidak hanya baik untuk organisasi Anda, tetapi juga pengembangan diri Anda sebagai individu.

3. Coaching People through Organizational Change: Practical Tools to Support Employees through Business Transformation

Buku kepemimpinan ini ditulis oleh Sue Noble dan Amy Tarrant pada 2022. Buku ini dapat membantu karyawan Anda dalam mendorong perubahan organisasi.

4. Doing Agile Right: Transformation Without Chaos

Penulis dari buku leadership ini adalah Sarah Elk, Darrell Rigby, dan Steve Berez, senior leaders dari Bain & Company. Dalam buku ini, Anda akan mempelajari metode agile yang dapat membantu organisasi Anda agar lebih produktif, terhindar dari silo antar karyawan, dan terus menunjukkan pertumbuhan.

Namun, hal yang perlu diingat adalah metode agile ini harus diterapkan pada waktu dan tim yang tepat karena pendekatan tersebut tidak selalu cocok dengan seluruh organisasi.

5. The Effective Change Manager’s Handbook: Essential Guidance to the Change Management Body of Knowledge

Buku leadership ini dipublikasikan oleh Change Management Institute (CMI) yang memberikan pemahaman mendasar mengenai manajemen perubahan. Anda dapat mempelajari seluruh proses manajemen perubahan dari tahapan persiapan hingga implementasi, termasuk strategi mengelola stakeholder, project management, hingga model manajemen perubahan yang sesuai dengan organisasi Anda.

Future