Musik 

Milisi Hardcore Kota Patriot, Humanimal Lepas Single ‘Rakjat’

Bukan perkara mudah mempertahankan konsistensi berkarya dalam formasi band, yang mengusung musik ekstrem.

Humanimal, legiun hardcore kota Bekasi justru punya cara tak biasa menghadapi realita hidup dan eksistensi sikap dalam berkarya.

“Boys from old block” atau dalam Bahasa Indonesia, “Anak-anak dari gang tua” adalah jargon yang senantiasa dikedepankan oleh empat personel Humanimal. Semangat militansi akar rumput, ternyata membuat Humanimal tak hanya menyita perhatian dari produk musikalitasnya.

Ada entitas lain yang terasa saat Mahesa Agni (vokal), Iqbal Darwin (gitar), Andika Reska Putra (bass) dan Muhammad Luthfi (drum), melibas panggung dengan cara mereka sendiri. Gelegar distrosi gitar dan gemuruh tempo cepat punk rock di sektor drum, tampak biasa jika mengandalkan telinga untuk memahami seperti apa musik hardcore.

Tapi, ada hidangan yang tak biasa yang disajikan oleh empat anggota milisi ini. Ya, unsur hip hop ternyata tak kalah lantang dari beratnya distorsi gitar dan suara keras pedal ganda. Konsep ini lah yang sepertinya hanya dipunyai oleh Humanimal, dalam konteks skena musik ekstrem di Kota Patriot.

Tak seperti album pertama bertajuk “Injusticia” yang ditelurkan pada 2018, Humanimal lebih berani untuk memaksimalkan unsur hip hop dalam komponen album keduanya. Single berjudul “Rakjat” adalah perwakilan dari seluruh materi lagu, yang dipublikasi pada September 2022 nanti.

Related news