20 Seniman dari 5 Negara Meriahkan Festival Seni Sua TERASIA

20 Seniman dari 5 Negara Meriahkan Festival Seni Sua TERASIA

Festival seni Transnasional bertajuk Sua TERASIA diselenggarakan pertama kalinya di dua kota yakni Jakarta dan Bandung. Lebih dari 20 seniman 5 negara bakal bersua dan menampilkan pertunjukannya tentang roh, spirit, kematian dalam konteks Budaya Asia.

Lima negara yang tercipta melalui program kolaborasi seniman tergabung dalam TERESIA (Theatre for Travelling in the Age of Isolation). Ada 5 negara yang bergabung yakni Jepang, Thailand, Myanmar, Indonesia, dan Vietnam.

Sejak 2020, kelompok teater 5 negara itu berkarya dengan sebuah pertanyaan ‘Dapatkah kita menciptakan karya bersama, lintas bangsa tanpa melintasi batas negara?’.

“Dalam festival ini ada teater, seni visual, video dan musik yang ditampilkan di lokasi masing-masing. Tahun ini, setiap seniman akan berkumpul dan bersua bersama di Indonesia,” tulis keterangan Festival seni Sua TERESIA. Nantinya, festival disusun dalam tiga rangkaian. The Stage ketika para seniman menampilkan karya lama dan baru, serta workshop. Round Table yang menampilkan refleksi dan kolaborasi dari para seniman 5 negara.

Pada bulan oktober 2024 di Situs Gunung Padang, bakal ada peristiwa Ritual yang digelar dalam dua tahap. Salah satu acara utama adalah pemutaran film dokumenter TERA (JP), TERA Thailand, dan pertunjukan TERA in Jakarta/Bandung.

Pertunjukan TERA di Jakarta dan Bandung bakal dibuka pada 12 Januari pukul 20.00 WIB di Komunitas Utan Kayu, Jakarta Timur. Selanjutnya berlangsung di Teater Kubur pada esok harinya.

Di Bandung, pertunjukan ini akan hadir pada 17 Januari pukul 19.30 di Studio Teater ISBI dan 19 Januari 2024 pukul 19.00 di Selasar Sunaryo Art Space.

Budaya