Pluang, aplikasi trading multi-aset di Indonesia yang telah memiliki lebih dari 11,7 juta pengguna terdaftar, memperkenalkan Ultimate Trading Championship (UTC). Ini adalah kompetisi trading yang dirancang untuk mendorong inklusi finansial, khususnya bagi para investor dan trader muda Indonesia.
Melalui UTC, aplikasi investasi dan trading multi-aset yang memiliki lebih dari 1.000 pilihan aset kripto, saham dan ETF AS, reksa dana, dan emas digital siap untuk mengedukasi serta memberikan ruang kepada masyarakat luas untuk unjuk gigi cara trading dan investasi melalui mekanisme yang seru, interaktif, dan kompetitif, sekaligus memberikan kesempatan kepada seluruh investor untuk mengembangkan keterampilan finansial dan meraih total hadiah sebesar Rp288 juta.
UTC berlangsung dari 13 Februari hingga 31 Mei 2025, terbuka untuk semua pengguna Pluang, baik investor pemula hingga trader andal.
Kompetisi trading UTC ini dirancang untuk menangkap momentum meningkatnya minat masyarakat dalam memanfaatkan layanan keuangan, termasuk investasi.
Hal ini sejalan dengan temuan OJK dalam Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024, yang mencatat tingkat inklusi keuangan telah mencapai lebih dari 65%. “Angka ini mengalami lonjakan hampir 22% dalam satu dekade terakhir, mencerminkan peningkatan edukasi finansial di kalangan masyarakat Indonesia,” jelas Andreas Agung Hendrawan, Director of Marketing and Growth Pluang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (6/3/2025).
Jumlah investor aset kripto juga tumbuh sebesar 18% secara tahun-per-tahun sepanjang 2024, mencerminkan meningkatnya minat masyarakat dalam berinvestasi di aset digital. Minat ini terus berkembang seiring dengan semakin beragamnya pilihan aset investasi yang tersedia saat ini.
Ultimate Trading Championship (UTC) menghadirkan kompetisi trading yang berbeda dari yang lain dengan menciptakan peluang yang adil bagi semua peserta. Peserta akan dikelompokkan dalam tiga kategori berdasarkan AUM (Asset Under Management) untuk memastikan persaingan yang seimbang, yaitu Challenger (AUM di bawah Rp10 juta), Elite (AUM Rp10 juta – Rp100 juta), dan Legend (AUM di atas Rp100 juta) sehingga mereka bisa bersaing murni dengan seimbang berdasarkan strategi dan kemampuan trading mereka.
Semua peserta dalam ketiga kategori dapat bertanding dalam 2 Leaderboard, yaitu: pertama, Leaderboard Profit dalam Rupiah (IDR P&L), yang mana pemenang ditentukan berdasarkan keuntungan absolut dalam Rupiah.
Kedua, Leaderboard Profit dalam Persentase (%P&L), yang mana pemenang ditentukan berdasarkan persentase keuntungan tertinggi, memberikan kesempatan bagi semua peserta untuk menang, terlepas dari jumlah modal yang dimiliki.
Setelah 3 minggu berjalan, sudah ada lebih dari 10,000 pengguna yang berpartisipasi dalam UTC, dengan keuntungan dalam persentase (%P&L) tertinggi sebesar 392%, dan keuntungan dalam Rupiah (IDR P&L) tertinggi sebesar Rp73 juta. Sebanyak 75% adalah generasi muda produktif di bawah 35 tahun, dimana banyak dari mereka yang baru memulai perjalanan investasinya.
“UTC ini adalah bentuk upaya Pluang meningkatkan inklusi finansial di Indonesia dengan membuka kesempatan bagi investor pemula untuk mengaplikasikan strategi investasi dan cara trading mereka dengan lebih aktif tanpa takut risiko tinggi atau keterbatasan modal,” ungkap Andreas.
Selain itu, UTC juga menjadi wadah bagi investor berpengalaman untuk berbagi inspirasi dan meningkatkan keterampilan trading mereka, dimana kami juga menggunakan kanal Discord sebagai wadah utama untuk saling berbagi sinyal dan informasi pasar teranyar untuk mendukung kesuksesan para trader.
Peserta dapat memanfaatkan fitur dan produk yang tersedia di aplikasi Pluang untuk memaksimalkan strategi trading di segala kondisi pasar seperti Pro Features, Opsi Saham AS, dan Crypto Futures.
Kompetisi ini juga memberikan pengalaman belajar yang nyata, dimana peserta bisa memahami cara kerja pasar dan mengasah strategi investasi mereka sambil berkompetisi. (*)