‘Lebaran Di Jakarta’, Pemprov DKI Apresiasi Industri Pariwisata Tawarkan Akomodasi dan Transportasi Murah

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta mengapresiasi langkah industri pariwisata yang berkolaborasi menawarkan akomodasi dan transportasi murah melalui program ‘Lebaran di Jakarta’. Peluncuran program ini dilakukan oleh Jakarta Experience Board (JXB) dan RajaMICE, di Jakarta, pada Kamis (13/3). Turut hadir di acara ini berbagai mitra strategis, termasuk perwakilan dari industri perhotelan, moda transportasi, wisata tur, tempat rekreasi, instansi pemerintah, travel agent, serta berbagai asosiasi terkait.

“Kami berharap dalam periode Lebaran 2025, program ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi masyarakat dan wisatawan yang memilih untuk menghabiskan momen Lebaran di Jakarta. Dengan adanya kolaborasi industri pariwisata ini, kami optimis bahwa Jakarta dapat menjadi destinasi menarik selama liburan Lebaran,” ujar Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Andhika Permata.

‘Lebaran di Jakarta’ diinisiasi oleh Tepanas (Teman Parekraf Nasional) untuk mempromosikan Jakarta sebagai destinasi wisata selama periode libur Lebaran. Program ini menghadirkan berbagai penawaran spesial, seperti lebih dari 5.000 tempat duduk ke Jakarta dengan Bus Bigbird dari Surabaya, Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Kemudian, paket menginap di sejumlah hotel pilihan di Jakarta, yaitu membayar dua malam mendapatkan tiga malam. Ada pula harga khusus ke Jakarta dari KAI untuk keberangkatan dari Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. Info lengkap kunjungi LebaranDiJakarta.com atau Instagram @lebarandijakarta.

Direktur Utama Jakarta Experience Board (JXB) Yunn Bali mengatakan, program ini tidak hanya untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat selama libur Lebaran, tetapi juga memperkuat koordinasi antara pemerintah dan berbagai sektor dalam menciptakan solusi efektif dan efisien bagi masyarakat.

“Kami sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan bangga mendukung program ‘Lebaran di Jakarta’ yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kami berharap, program ‘Lebaran di Jakarta’ dapat memberikan manfaat besar bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk unit kami,” ujar Yunn Bali.

Sementara itu, Chief Community Officer Tepanas Panca R. Sarungu mengatakan, kondisi Jakarta relatif lebih sepi karena sebagian besar warga mudik ke luar kota. Hal ini membuat Jakarta sangat nyaman dinikmati pada masa tujuh hari sebelum dan tujuh hari setelah Lebaran, sesuai motto ‘Enjoy Jakarta’.

“Fenomena Jakarta sepi ini sudah menjadi tradisi tahunan dan banyak tranportasi yang dapat dikolaborasikan selama antar-jemput. Tahun ini, ada ribuan kamar dan tempat duduk transportasi dengan harga khusus menuju Jakarta,” ungkap Panca.

Melalui program ini, berbagai promosi dan paket wisata menarik akan ditawarkan oleh mitra-mitra ‘Lebaran di Jakarta’, yakni ITC Group, Artotel Group, Sango Hotel Management, JXB Hotel Group, Bluebird Group, MRT, Azana Hotel Management, PT KAI, Jakarta Aquarium Safari, Otaqu, dan Jakarta Good Guide.

Berita terkait