Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Kesehatan Digital

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi kesehatan digital tidak dapat dipisahkan dari sektor kesehatan. Bahkan pemerintah telah menetapkan optimalisasi teknologi di sektor kesehatan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang berorientasi pada pasien melalui strategi transformasi digital kesehatan 2024.

Dari berbagai survei yang dilakukan, layanan kesehatan digital mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Hal ini menunjukan bahwa penerapan teknologi kesehatan mampu memberikan nilai dan manfaat terhadap pelayanan kesehatan yang mereka terima. Dengan respon masyarakat yang demikian, serta fakta bahwa manfaat penerapan teknologi digital telah mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, layanan digital akan menjadi unsur penting dalam sektor kesehatan.

Masyarakat yang mulai terbiasa dengan aplikasi telemedis pada akhirnya membuat masyarakat merasakan dan sadar akan manfaat yang ditawarkan teknologi telemedis. Hal serupa juga terjadi pada berbagai teknologi kesehatan lainnya mulai dari aplikasi pendaftaran online, rekam medis elektronik, aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), dan sebagainya.

Melihat hasil riset dan survei di lapangan di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum responden merasa puas dengan layanan kesehatan digital karena praktis dan manfaat yang ditawarkan. Dengan tren penggunaan teknologi kesehatan digital yang terus naik meski pandemi telah selesai, dapat diprediksi bahwa layanan kesehatan digital akan menjadi wajah layanan kesehatan Indonesia di masa depan.