FIFGROUP gelar Awarding Sahabat FINATRA 2024 pada Rabu, 15 Januari 2025 di Plaza Aminta Jakarta

Sahabat FINATRA, sebuah program inkubasi UMKM dari FIFGROUP melalui salah satu portfolio-nya, FINATRA, kembali membuktikan komitmen dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Dalam acara Awarding Sahabat FINATRA yang berlangsung di Plaza Aminta, Kota Jakarta Selatan (15/01), lima grand finalist dari total 600 peserta mempresentasikan ide dan inovasi mereka untuk menentukan juara utama.

Direktur FIFGROUP, Setia Budi Tarigan, menuturkan dalam kata sambutannya bahwa program Sahabat FINATRA ini memberikan kesempatan besar kepada UMKM dalam memperoleh akses permodalan yang disediakan oleh FINATRA. Hal tersebut akan dioptimalkan untuk melakukan ekspansi bisnis guna mencapai target market yang lebih luas dan masif.

“Program inkubasi yang dihadirkan oleh FINATRA tersebut juga merupakan wujud dukungan FIFGROUP terhadap implementasi nilai-nilai keberlanjutan dengan mendukung Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” kata Budi.

Proses penilaian dalam acara Awarding Sahabat FINATRA 2024 tersebut dilakukan oleh dewan juri yang dipimpin oleh Direktur Pengembangan Akses Pendanaan, Pembiayaan, dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Anggara Hayun Anujuprana, ST, MT,.

Dalam kompetisi ini, Riswah Yuni dari Kota Samarinda dengan usaha Cake Salakkilo berhasil meraih gelar juara pertama. Salakkilo memproduksi cake, brownies, cookies, sambal, minuman, dan beberapa jenis olahan pangan lainnya yang berbahan dasar buah salak segar yang melimpah di Balikpapan, Kalimantan Timur. Salakkilo membantu para petani salak dengan mengolahnya menjadi makanan dan minuman yang lezat dan menyehatkan. Tidak menggunakan bahan pengawet, essens, ataupun bahan tambahan yang berbahaya bagi tubuh, produk ini juga kaya akan beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh FIFGROUP untuk berpartisipasi dalam Program Sahabat FINATRA 2024. Program ini memberikan pembinaan yang luar biasa, mulai dari pengelolaan keuangan, digital marketing, hingga manajemen rantai pasok. Semua itu membantu saya tumbuh dan lebih siap menghadapi tantangan bisnis,” ungkap Rismah.

Juara kedua diraih oleh Iwaningsih dari Kota Martapura dengan usaha Zhabuke. Usaha ini, yang dikenal dengan nama Triani Baraka Banua, berfokus pada pengolahan dan pengeringan buah, dengan produk utama berupa irisan lemon kering berkualitas tinggi. Saat ini, produk utamanya adalah Zhabuke Slice Lemon Dried, dan ke depannya, usaha ini berencana memperluas inovasinya ke berbagai jenis buah lainnya. Dengan komitmen pada kualitas dan keberlanjutan, Zhabuke menjadi solusi praktis untuk kebutuhan produk alami dan sehat. “Bimbingan mengenai pengelolaan supply chain dari hulu ke hilir menjadi pelajaran dari Sahabat FINATRA yang sangat berarti bagi perkembangan usaha saya,” ungkapnya.

Sementara itu, sebagai juara ketiga Adang Muhidin dari Kota Cimahi dengan usaha Virageawie Indonesia berhasil meraih posisi ketiga. Usahanya ini bergerak di bidang ekonomi kreatif berbahan dasar bambu. Adang mengolah, mengukir, memahat, dan memotong bambu menjadi beragam produk bernilai tinggi. Virageawie, yang berasal dari bahasa Sunda “Pirage Awi” dan berarti “hanya bambu,” memegang filosofi bahwa bambu dapat dimanfaatkan lebih dari sekadar bahan furnitur atau makanan. Dengan inovasi dan kreativitas, Virageawie mampu mengubah persepsi bahwa produk berbahan dasar bambu hanyalah barang murah.

Anggara mewakili dewan juri, mengungkapkan, “Saya sangat terkesan dengan inovasi dan dedikasi yang ditunjukkan oleh para peserta. Program Sahabat FINATRA ini unik, karena memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pengelolaan usaha yang baik, yang tidak hanya memperkuat bisnis mereka hari ini, tetapi juga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan yang akan datang di masa mendatang. Melihat semangat dan antusiasme para peserta, menunjukan potensi UMKM Indonesia yang akan terus berkembang dan berkontribusi positif pada perekonomian nasional.”

 

Antusiasme Tinggi Sahabat FINATRA 2024

Antusiasme terhadap program ini sangat tinggi, terbukti dengan total 1.357 pendaftar yang ingin mengikuti rangkaian Sahabat FINATRA 2024. Angka tersebut meningkat lebih dari dua setengah kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Setelah melalui proses kurasi, terpilih 600 pelaku UMKM yang mengikuti program bootcamp. Mereka, dipilih dari 30 titik lokasi di seluruh Indonesia, dengan masing-masing titik lokasi melibatkan 20 UMKM. Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebesar empat kali lipat dalam keikutsertaan program inkubasi dari tahun sebelumnya yang hanya melibatkan 120 UMKM.

Rangkaian program Sahabat FINATRA 2024 dimulai dengan Grand Launching secara daring yang telah berlangsung pada 24 Oktober 2024 lalu. Program ini dilanjutkan dengan Online Mentoring Class yang mencakup dua materi utama, yaitu cara membuat pitch deck sederhana dan dasar-dasar literasi keuangan.

Selanjutnya, para peserta mengikuti kegiatan Bootcamp yang dilaksanakan di kantor cabang FIFGROUP sebanyak empat sesi. Dalam sesi Bootcamp ini, berbagai materi diberikan, seperti Entrepreneurship vs Penjual, Inovasi Pengembangan Produk, Pembukuan Dasar, Harga Pokok Produksi, Pemasaran Dasar, Digital Marketing, hingga Demo Day untuk mempresentasikan produk, dan inovasi dari usaha masing-masing peserta.

Program Sahabat FINATRA ini dirancang untuk memberikan solusi nyata bagi UMKM dalam mengidentifikasi tantangan dan menemukan peluang bisnis melalui bimbingan mentoring. “Kami menawarkan pengembangan kompetensi yang mendalam, termasuk akses permodalan untuk membantu UMKM memperluas jangkauan pasar mereka,” ujar Microfinancing Division Head FIFGROUP, Cicilia Tri Hapsariningtyas.

Sebagai bentuk apresiasi, para pemenang Program Sahabat FINATRA akan menerima hadiah uang tunai senilai total Rp30 juta dan juga kesempatan untuk mengikuti pelatihan digital marketing yang difasilitasi oleh FIFGROUP. Pelatihan ini diharapkan dapat lebih memperkuat lagi strategi pemasaran para pelaku UMKM, sehingga mereka dapat terus berkembang dan menjadi inspirasi bagi UMKM lainnya.

FIFGROUP berencana melanjutkan program ini di tahun 2025 dengan cakupan yang lebih luas dan dampak yang lebih besar. Melalui Program Sahabat FINATRA, FIFGROUP ingin memastikan kehadirannya sebagai mitra pertumbuhan UMKM di Indonesia, membantu mereka menghadapi tantangan sekaligus memanfaatkan peluang untuk berkembang di era digital ini.