McDonald’s Indonesia, di bawah naungan PT Rekso Nasional Food, sukses menggelar serangkaian kegiatan edukatif untuk mendorong literasi baca tulis anak-anak dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) 2024.
Membawa semangat ‘Inspirasi Literasi McD’, salah satu kegiatan utama yang diinisiasi adalah kelas menulis bersama dengan Pegiat Literasi Edi Dimyati. Selaras dengan salah satu subtema HAN 2024, kelas menulis tersebut mengangkat tema ‘Aku dan Pancasila’ serta diikuti oleh 80 anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dari 15 komunitas yang tergabung dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jakarta.
Program ‘Inspirasi Literasi McD’ merupakan salah satu wujud komitmen McDonald’s Indonesia dalam meningkatkan literasi baca tulis anak Indonesia. Sejak 2022, McDonald’s Indonesia secara konsisten menghadirkan berbagai program untuk mencapai tujuan tersebut, seperti penggalangan donasi buku bacaan anak di sejumlah restoran McDonald’s Indonesia, beasiswa pelatihan untuk guru, pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud untuk orang tua, hingga penyediaan prasarana layak melalui renovasi salah satu Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Manggarai, Jakarta Selatan, yang kini dikenal sebagai McD Library.
Meta Rostiawati, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia mengatakan, “Sebagai restoran keluarga yang telah lebih dari 30 tahun beroperasi di Indonesia, McDonald’s Indonesia terus berupaya untuk memberikan dampak positif kepada keluarga dan anak-anak, salah satunya dengan memberikan dukungan untuk meningkatkan literasi baca tulis.
Dan “Pada momen Hari Anak Nasional ini, kami memilih untuk mengadakan kelas menulis bertemakan ‘Aku dan Pancasila’ bagi 80 anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dari 15 komunitas taman bacaan se-Jakarta. Harapannya, kegiatan ini dapat mengasah imajinasi, menumbuhkan nilai kebangsaan, dan meningkatkan kemampuan menulis mereka.”
Kelas menulis tersebut dipandu langsung oleh Pegiat Literasi, Edi Dimyati, atau yang akrab disapa Kang Edi, sosok inspiratif yang sukses membangun Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kampung Buku pada tahun 2010 di Cibubur, Jakarta Timur.
Tidak hanya itu, Kang Edi juga sangat gigih mendorong literasi masyarakat dan mendekatkan buku dengan anak-anak lewat perpustakaan keliling menggunakan sepedanya ke beberapa ruang terbuka di Jakarta yang dinamakan ‘Kargo Baca’.
“Senang sekali bisa berpartisipasi dalam mendorong literasi baca tulis anak melalui kegiatan ini. Di tengah tantangan arus digital saat ini, kegiatan kelas menulis sangat bagus untuk mengasah kreativitas dan kemampuan menulis anak-anak.
Pada kelas menulis ini, setiap 10 orang anak yang berpartisipasi didampingi oleh satu pembina khusus dari Forum TBM Jakarta agar mereka dapat belajar cara menulis cerita yang benar, kreatif, dan juga menarik. Hasil tulisan anak-anak tersebut kemudian dinilai dan tiga peserta dengan tulisan terbaik mendapatkan hadiah berupa perlengkapan sekolah, seperti tas, buku, dan alat tulis.
Selain kelas menulis, anak-anak juga dihibur dengan beragam game edukatif yang menyenangkan dan bermain bersama ikon McDonald’s, Ronald McDonald, termasuk mendengarkan cerita inspiratif kebangsaan bertemakan Pancasila.
Lebih lanjut, McDonald’s Indonesia secara simbolis juga menyerahkan lebih dari 700 buku donasi dari pelanggan kepada puluhan taman bacaan di Jakarta sebagai hasil dari program ‘Book Donations’ yang juga sudah berjalan sejak 2022.
Donasi buku layak baca tersebut merupakan langkah nyata McDonald’s Indonesia bersama para pelanggan setianya dalam mendukung peningkatan akses bacaan bagi anak-anak. Sejumlah buku donasi yang terkumpul dari 19 restoran McDonald’s di Jakarta tersebut diharapkan dapat menambah koleksi literatur di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Jakarta sehingga semakin banyak anak yang dapat menikmati dan mengambil manfaat dari buku-buku tersebut.
Yudy Hartanto, Ketua Forum TBM Jakarta, juga memberikan apresiasi kepada McDonald’s Indonesia yang konsisten berupaya memajukan literasi baca tulis anak bangsa, salah satunya dengan selalu mengajak para pencinta McDonald’s untuk mendonasikan bukunya di resto untuk kemudian disalurkan kepada taman bacaan yang membutuhkan.
“Program donasi buku layak baca ini merupakan kerja sama lanjutan antara Forum TBM dengan McDonald’s Indonesia untuk menumbuhkan budaya gemar membaca pada anak-anak. Di tengah kemajuan teknologi seperti smartphone dan internet, membaca dapat memberikan banyak manfaat untuk anak-anak, seperti meningkatkan kemampuan imajinasi, bahasa, hingga membantu fokus dan konsentrasi anak. Kami berharap kerja sama dengan McDonald’s Indonesia dalam program ‘Book Donations’ ini dapat terus terjalin agar semua anak bisa memiliki akses literasi yang semakin baik.”
Setelah dua tahun berjalan, program ‘Book Donations’ yang juga berada di bawah payung ‘Inspirasi Literasi McD’ telah berhasil mengumpulkan lebih dari 7.700 buku layak baca dan didistribusikan ke lebih dari 200 taman bacaan masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia.
“McDonald’s Indonesia percaya bahwa literasi baca tulis merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki anak-anak. Dengan menyediakan akses dan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan imajinasi dan kemampuan menulis mereka, kami ingin menumbuhkan kecintaan mereka terhadap membaca dan menulis. Melalui program ‘Inspirasi Literasi McD’, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi masa depan generasi muda Indonesia.” ungkap Meta.