Ada “Orang Gila” dari Kota Bandung, Flaks

Flaks, band dengan genre musik Garage Rock Revival, telah merilis single kedua mereka, “Orang Gila,” pada tanggal 22 Desember 2023. Lagu ini mempresentasikan narasi kuat mengenai pemberontakan terhadap ketidakadilan sosial dan penindasan terhadap kelompok minoritas.

Lagu ini mengeksplorasi dampak negatif fasisme, kesenjangan pendidikan, dan masalah ekonomi terhadap kehidupan kita. lagu ini memperlihatkan seorang individu yang menemukan dirinya menjadi bagian dari struktur penindasan karena keinginan akan kekuasaan.

Menurut Ipang, penulis lirik lagu ini, “Persepsi awalnya lagu ini muncul karena melihat realitas banyak orang yang seolah-olah berlagak hebat dengan menggunakan embel-embel backingan atau kekayaan yang dipamerkan seenaknya. Keluhan terkait kehadiran organisasi masyarakat yang bertindak seperti sampah dan tidak berguna.”

“Orang Gila” merupakan sebuah karya yang merefleksikan kompleksitas dinamika sosial dalam masyarakat. Dengan menekankan pentingnya kesadaran akan hak asasi manusia, keadilan, dan perlawanan terhadap otoritas yang merugikan.

Dari sisi kreatif menurut Akbar, sang gitaris, “Dalam hal pengaruh lagu dan riff ketika membuat lagu ini, kami sedang sering mendengarkan Radio Moscow, Black Rebel Motorcycle Club, dan Black Keys.”

Dalam proses produksi, Flaks melakukan rekaman di Studio 12 Bandung dengan proses mixing dan mastering yang dilakukan oleh Ikhsan Rizaldy.

Single artwork untuk “Orang Gila” dibuat oleh rekan seniman bernama Falah Fs, yang memberikan dimensi visual bagi pesan yang terkandung dalam lagu ini.

Flaks Rocks sebelumnya telah merilis single pertama mereka berjudul “Percuma” pada bulan Mei 2023. Saat ini, “Orang Gila” sudah dapat dinikmati di seluruh platform musik online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *